Photograhpy

11.10.2015

SATU MIMPI DUA JALAN

| | 0 komentar
-Motivasi Untuk orang yang tak pernah berhenti berjuang…... -








SATU MIMPI DUA JALAN

                Cerita ini berawal dari seorang anak kecil yang mempunyai sebuah mimpi yang besar. Ia bermimpi menjadi seorang yang kelak akan bisa berguna, setidaknya untuk satu orang tuanya yang masih hidup sekarang, itulah janjinya. Hidupnya jauh sekali dari kesan mewah. Ia anak kedua dari tiga bersaudara. Kini hanya seorang wanita tua yang sudah mulai berumur yang selalu mensupportnya. Ia tak mampu untuk menye sekolahkan anaknya dijenjang yang lebih bagus. Tak seperti rekan rekan lainnya disaat mereka dengan bangga bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Dengan mentereng meghamburkan uang orang tuanya. Memamerkan I phone terbarunya. Memamerkan motor terbarunya lengkap dengan segala bling bling yang  mereka dapatkan. Anak ini hanya bisa melihat dari kejauhan. Memotivasi diri sendiri bahwa kelak ia bisa lebih baik dari kawannya yang selalu memanfaatkan segala fasilitas orang tuanya. Ia anak yang mandiri. Ia lebih memilih bekerja untuk menghidupi orang tuanya dan adiknya yang ketika itu masih bersekolah. Dan secercah harapan terbuka sedikit demi sedikit. Selepas adiknya lulus sekolah ia lanjutkan mimpi yang sempat tertidur. Ia kumpulkan jerih payah dari sebagian gaji dikerjanya yang keras. Rupiah demi rupiah ia sisihkan untuk membiayai studi melanjutkan ke sebuah Universitas swasta. Satu tahun dua tahun berjalan lancar hingga akhirnya satu masalah menghampirinya. Kelabilan ekonomi menghantamnya. Besarnya pengeluaran tak seimbang dengan pemasukan. Hutang dijalani layaknya sesuap nasi yang dimakan tiap hari. Pikiran terus dibanting untuk menutupi kebocoran anggaran. Tangan sudah terlalu kasasr karena beratnya pekerjaan. Letih bagaikan dongeng penutup sebelum tidur. Riba menambah numpuk setiap rupiah yang ia keluarkan tiap bulannya. Hingga akhirnya ia putuskan untuk menghentikan sementara Mimpi yang sempat tertunda itu.

                Waktu berjalaln hingga ia kembali untuk merajut mimpi yang sempat tertunda dua kali. Kini ia bangun lagi kepercayaan dirinya yang sempat runtuh terhantam badai. Langkahnya ia susun kembali satu demi satu. Dan akhirnya ia putuskan untuk mengambil langkah yang berbeda. Karena ia yakin berperang dengan cara yang sama hanya akan menghasilkan kegagalan yang sama pula. Ia pikirkan sekali lagi strategi demi mimpi indahnya. Ia putuskan untuk berkuliah di hal yang benar benar asing buatnya. Ia lanjutkan mimpi semasa kecilnya dulu. Ia lanjutkan harapan dari Ayahnya dulu. Ia pupuk lagi semangat yang sempat membeku. Ia coba mempertaruhkan masa mudanya untuk mengejar sesuatu yang belum jelas ia ketahui saat itu. Ia putuskan untuk mengambil jurusan yang begitu asing dengannya waktu itu. “ARSITEKTUR “. Sesaat semuanya berjalan lancar hingga akhirnya satu masalah kembali datang . Masalah klasik yang terulang kembali mengharuskannya untuk cuti sementara waktu dari mimpi yang sudah sempat ia perbaiki. Setahun lamanya ia berhenti berkuliah. Tapi itu semua tak pernah menyurutkan langkahnya. Di waktu itu ia  kembangkan semua kemampuan yang belum ia bisa. Ia berkelana mencari bongkahan semangat untuk membakar tiap spirit dalam hatinya. Ia berpikir bahwa cobaan yang ia dapat telah menjadikannya lebih kuat. Gagal bukan halangan mewujudkan mimpi. Kekurangan bukan halangan untuk merealisasikan apa yang kita inginkan. Disini pilihannya hanya dua. Anda bangun dari tidur dan mewujudkan mimpi anda di dunia nyata atau anda hanya tidur dimimpi itu saja sambil menikmati semuanya dalam kesemuan. Ia berpikir. Bahwa setiap manusia mempunyai mimpi yang sama. Tapi dibalik itu ada jalan berbeda yang dihadapi setiap makhluknya.

                Kekurangan yang ada pada diri manusia janganlah jadikan itu sebagai penjegal langkahmu. Hinaan , cacian dan ejekan jangan lantas membuat semangat mu kendor. Tunjukan pada mereka bahwa setiap manusia mempunyai jalan yang berbeda. Kita biasa berjuang dengan semangat dan keringat yang selalu bercucuran. Kita bisa karena kita berjuang. Kita bisa karena kita berusaha. Tidak hanya menengadahkan tangan dan mengharapkan bantuan. Walau  badan remuk redam. Pikiran selalu berputar diantara biaya kuliah dan makan sehari hari. Walau tanggal tua kadang kita tak makan. Walau kita harus bekerja 12 jam setiap harinya hanya demi tambahan koin rupiah. Kita yakin bahwa setiap manusia yang berusaha pasti akan menemukan jalannya. Tak peduli seberapa besar hinaan yang kau dapatkan. Tak peduli seberapa banyak cemooh yang kita dapatkan. Walau semua itu terasa berat. Walau sempat kau ragu pada langkahmu. Yakinkan lah dirimu bahwa kita berada dibawah jalan yang benar. Kita disini untuk menunjukan . Bahwa mimpi bisa diraih dalam berbagai jalan


                

0 komentar:

 
Twitter Facebook Dribbble SutaStudio Behance Pinterest